10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Pada bulan ramadhan bagi umat muslim diharuskan untuk berpuasa sesuai dengan syariat Islam, Selain untuk melaksanakan kewajiban ternyat...

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Pada bulan ramadhan bagi umat muslim diharuskan untuk berpuasa sesuai dengan syariat Islam, Selain untuk melaksanakan kewajiban ternyata puasa sangatlah banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Ini di karenakan puasa berkaitan dengan proses detoksifikasi atau proses pengeluaran zat racun dari tubuh kita. Apabila kita berpuasa di bulan ramadhan selama 1 bulan penuh maka akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Berikut ini 10 manfaat puasa untuk kesehatan tubuh.

1. Baik Untuk Kesehatan Jantung & Pembuluh Darah

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang di seluruh dunia. Terlebih lagi di Indonesia yang jumlah perokok setiap tahun terus meningkat, hal ini menjadi ancaman besar bagi perokok terserangnya penyakit jantung. Untungnya dengan berpuasa tubuh kita ternyata meningkatkan HDL dan menurunkan LDL, Menurut penelitian “chronobiological” hal tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut sebuah penelitian di Uni Emirat Arab disimpulkan bahwa orang yang berpuasa akan terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah akan meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan stroke. Apalagi jika kita mengikuti program diet sehat, kadar kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah.

3. Menyehatkan Ginjal

Ginjal berfungsi sebagai saringan zat berbahaya dari apa yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah puasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

4. Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Manfaat puasa juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang menumpuk. dengan berpuasa, kita dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan. Ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh.

5. Mencegah Diabetes

Diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat didalam tubuh. Dengan kegiatan berpuasa konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat terkontrol sehingga pada akhirnya dapat mencegah diabetes dan penyakit turunannya.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat berpuasa, tubuh akan lemas dan menurut beberapa orang akan menjadi lebih mudah sakit. Hal ini salah dan ternyata puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan dari berbagai virus.

7. Menyerap Banyak Nutrisi

Metabolisme akan menjadi lebih efisien ketika berpuasa. Metabolisme yang efesien berarti jumlah nutrisi yang akan diserap dari makanan menjadi semakin besar. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan hormon adiponectin yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dengan sahur, sehingga memungkinkan untuk menyerap lebih banyak nutrisi.

8. Meningkatkan Kemampuan Otak

Berpuasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres.

9. Dapat Berpikir Lebih Tajam dan Lebih Kreatif

Berpuasa dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan melambat, menurut sebuah penelitian pikiran yang melambat dapat membuatnya bekerja lebih tajam. Rasa lapar ketika berpuasa merupakan masalah yang wajar apabila rasa lapar memaksa untuk berpikiran lebih tajam dan lebih kreatif.

10. Mengontrol Berat Badan

Secara ilmiah berpuasa juga berdampak pada penurunan berat badan. Dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan, Endapan makanan inilah yang bila kelebihan akan menjadi lemak diperut. Selain itu berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan kita, sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar.

Itulah 10 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Dengan berpuasa di bulan Ramadhan atau pada hari senin dan kamis, maka tubuh kita pun akan menjadi lebih sehat.
Nama

Kesehatan,30,Relationship,7,Teknologi,8,Wisata,1,
ltr
item
ACEHShare: 10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikMrJPyPqGOvTvvoQD0U9O1Fb8RFdsgT2bJ4RQwHW_8Y5vvKJvF4m6fPY7SFl6O3WlodraDyN0xdfmxQZIFvKYasYO7W8s14tTS3qvkJAf4PWZOIRpxdFsHoZ0GJB04OL6ptn9KL1w4l0X/s640/manfaat-puasa-bagi-kesehatan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikMrJPyPqGOvTvvoQD0U9O1Fb8RFdsgT2bJ4RQwHW_8Y5vvKJvF4m6fPY7SFl6O3WlodraDyN0xdfmxQZIFvKYasYO7W8s14tTS3qvkJAf4PWZOIRpxdFsHoZ0GJB04OL6ptn9KL1w4l0X/s72-c/manfaat-puasa-bagi-kesehatan.jpg
ACEHShare
https://www.acehshare.com/2019/05/10-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-tubuh.html
https://www.acehshare.com/
https://www.acehshare.com/
https://www.acehshare.com/2019/05/10-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-tubuh.html
true
3602037487248732572
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy