Waspadai Zat-Zat Kimia Di Sekitar Yang Mengganggu Kesuburan

Zat-zat kimia yang mudah dijumpai pada kemasan makanan, pestisida, baju, karpet, kain pelapis, dan beberapa produk perawatan, berefek m...

Waspadai Zat-Zat Kimia Di Sekitar Yang Mengganggu Kesuburan

Zat-zat kimia yang mudah dijumpai pada kemasan makanan, pestisida, baju, karpet, kain pelapis, dan beberapa produk perawatan, berefek menunda kehamilan. Demikian kabar yang ditulis HealthDay News, baru-baru ini. Penggunaan bahan-bahan kimia tadi telah dilarang di AS karena beracun, dan di imbau untuk tidak digunakan lagi.

Bagaimanapun, zat-zat tersebut telah telanjur berkeliaran di lingkungan dan di tubuh kita selama puluhan tahun. “Zat kimia yang telah tersebar luas ini mengganggu kesuburan, jadi membuat orang susah punya momongan,” ucap Dr. Jorn Olsen, ketua peneliti sekaligus Kepala Departemen Epidemiologi, UCLA’s School of Public Health.

Di dalam tubuh wanita Denmark yang menjadi responden penelitian, terkandung perfluorooctanoate (PFOA) kadar tinggi dan perfluorooctane sulfonate (PFOS). Akibatnya, mereka harus menunggu lama untuk hamil.

Laporan penelitian tersebut dipublikasikan dalam Human Reproduction edisi online, akhir bulan lalu. Dan diikuti kemunculan beberapa laporan mengenai bahaya zat kimia lain yang ada dalam plastik, semacam bisphenol A (BPA), yang mampu menyebabkan persoalan pada janin ataupun bayi. 

Untuk studi tersebut, Olsen dan tim mendata 1.240 wanita di Danish National Birth Cohort. Peneliti mengambil contoh darah responden dan melakukan wawancara mengenai lamanya mereka menanti kehamilan. Ditemukan adanya kadar PFOS dalam darah dari 6,4 nanogram per mililiter (ng/ml) sampai 106,7 ng/ml. Untuk PFOA kisarannya 1 ng/ml sampai 41,5 ng/ml.

Olsen dan tim lalu membagi responden dalam empat kelompok, tergantung pada seberapa banyak kandungan zat kimia dalam darah mereka. Wanita dalam grup dengan kadar paling atas PFOS, 70-134 persen lebih terlambat hamil daripada wanita dengan kadar PFOS terendah. Wanita dengan kadar PFOA tertinggi, 60-154 persen lebih terlambat hamil apabila dibandingkan wanita dengan kadar terendah. 

Para peneliti mengaku belum tahu pasti mengapa zat kimia tersebut menghambat kehamilan. Namun, mereka memperkirakan itu semua terkait dengan terganggunya hormon yang bertugas pada proses reproduksi.

Studi terkini pada fauna mengungkapkan zat-zat kimia tersebut mempunyai efek toksik pada lever, sistem imun, dan organ reproduksi. Studi juga menemukan bahwa PFOA dan PFOS mampu memengaruhi pertumbuhan janin.

Bahaya lain menyangkut zat kimia tersebut mungkin akan segera menjadi perdebatan. Sejak tahun 2006, the US Environmental Protection Agency (EPA) berkomitmen bahwa delapan pabrik dengan cara sukarela mengurangi emisi PFOA dan kandungan PFOA dalam produk mereka.

Nama

Kesehatan,30,Relationship,7,Teknologi,8,Wisata,1,
ltr
item
ACEHShare: Waspadai Zat-Zat Kimia Di Sekitar Yang Mengganggu Kesuburan
Waspadai Zat-Zat Kimia Di Sekitar Yang Mengganggu Kesuburan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGNPB2GJrJFLqwKy-DTl8ilyjt-uBc18tvu1596BqcSsUgWvP_0W9mPX6Z0FP735KOSLSfVPMvtScW5HV875lUGMYqTI0k9wPapUR9psnjdcHVCLhbv9bVrtvecVGNMNpfhFqLlVCFUi3S/s400/waspadai-zat-zat-kimia-disekitar-kita.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGNPB2GJrJFLqwKy-DTl8ilyjt-uBc18tvu1596BqcSsUgWvP_0W9mPX6Z0FP735KOSLSfVPMvtScW5HV875lUGMYqTI0k9wPapUR9psnjdcHVCLhbv9bVrtvecVGNMNpfhFqLlVCFUi3S/s72-c/waspadai-zat-zat-kimia-disekitar-kita.jpg
ACEHShare
https://www.acehshare.com/2018/12/zat-zat-kimia-yang-mengganggu-kesuburan.html
https://www.acehshare.com/
https://www.acehshare.com/
https://www.acehshare.com/2018/12/zat-zat-kimia-yang-mengganggu-kesuburan.html
true
3602037487248732572
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy